Tinta DTG

Saat ini sedang nge-tren yang namanya printer DTG. Printer DTG adalah printer yang secara langsung dapat mencetak gambar pada kaos. Hal ini menjadi salah satu keunggulan printer DTG karena dapat menghemat biaya dan waktu ketika proses pengerjaan kaos. Bandingkan dengan sablon manual di mana Anda harus menyiapkan screen, cat untuk sablon, prosesnya sendiri yang cukup lama dan memerlukan kehati-hatian, dan tentunya Anda juga harus menunggu hingga catnya benar-benar kering. Sebenarnya seperti apakah printer DTG itu? Bagaimana proses mencetaknya, apakah tinta  DTG juga harus khusus?

Mengenai Printer DTG

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, printer DTG adalah printer yang dapat langsung mencetak gambar pada kaos jadi tidak perlu menggunakan metode press dan semacamnya. Printer DTG juga meghasilkan gambar yang tajam dan halus dan bahkan awet, tidak seperti yang dihasilkan oleh sablon manual. Lalu bagaimana proses mencetaknya?

Proses mencetak tentu saja diawali dari pembuatan desain. Printer DTG ini sebenarnya mirip dengan printer kertas tetapi dimodifikasi sedemikian rupa sehingga dapa digunakan untuk mencetak kaos secara cepat. Karena itu, desain pun langsung dapat dibuat menggunakan komputer dan dengan program Corel Draw atau program desain lainnya. Inilah salah satu kelebihan printer DTG karena tidak ada batasan desain serta warna seperti pada kaos sablon manual.

Setelah desain dibuat, kemudian langsung diprint saja layaknya ketika akan mencetak menggunakan kertas. Tinta yang digunakan tentunya tinta khusus untuk tekstil jadi warna gambar pun tidak akan berubah setelah dicuci dan tetap awet meskipun dicuci berkali-kali.

Tinta DTG

Seperti yang sudah disebutkan di atas, printer DTG memerlukan tinta khusus. Meskipun seringkali terjadi di pasaran yang ada adalah printer kertas biasa yang sudah dimodifikasi menggunakan software, tetap saja tinta printer yang digunakan haruslah tinta khusus untuk tekstil. Biasanya tinta DTG yang digunakan yakni tinta tekstil DTG yang mempunyai 5 warna CMYK dan White.

Tinta warna ini tentunya dapat digunakan untuk kaos berwarna soft misalnya hijau muda, pink, kuning, dll. Hal ini berarti bahwa printer DTG dapat digunakan untuk mengatasi masalah gradasi dan juga bentuk desain ketika mencetak menggunakan kaos sablon. Sedangkan tinta printer DTG white alias putih dapat digunakan untuk mencetak kaos berwarna gelap.

Meskipun kedengarannya mudah, tetapi perlu Anda ketahui bahwa Anda memerlukan software khusus jika ingin mencetak di kaos berwarna putih. Software ini akan berfungsi untuk mendeteksi warna putih dan mengenalinya sebagai background, di samping itu, dengan menggunakan software ini, Anda juga dapat menghemat tinta.

Di samping itu, perlu Anda ketahui bahwa ada banyak jenis tinta DTG, meskipun pada dasarnya yang seringkali dibedakan adalah warnanya, tetapi bukan itu maksudnya. Anda juga memerlukan tinta khusus untuk membersihkan printer dan juga pretreatment lainnya. Perlu Anda ketahui juga bahwa tinta mempunyai banyak merek, seperti halnya tinta untuk printer kertas. Harganya pun berbeda-beda untuk tiap jenis.

Disarankan sebaiknya Anda bertanya pada si penjual ketika membeli printer DTG untuk pertama kali. Tanyakan jenis tinta printer DTG apa yang cocok untuk printer Anda. Perlu Anda ketahui bahwa printer DTG mudah sekali rewel tak peduli berapa mahal harganya, jadi sebaiknya lakukan pretreatment hati-hati agar tidak terkena masalah. Dengan begini, proses produksi pun juga akan menjadi lancar.

Berikut Harga Tinta DTG CV Pratama Prima mandiri

Harga Tinta untuk Printer DTG
Harga Tinta untuk Printer DTG

Tinta DTG kami adalah tinta dtg berkualitas tinggi dan dijamin tidak luntur

1. Tinta DTG untuk warna Cyan, Magenta, Yellow dan Black per warna per 100ml = Rp. 150.000

2. Tinta DTG white/putih per 250ml harga = Rp. 700.000

3. Harga Pretreatment per liter = Rp. 200.000